Rabu, 11 September 2019

Manfaat Berenang

                   Manfaat berenang sangat baik

   Pengalaman saya yang hobi suka berenang karen manfaat RENANG bisa sangat membantu tambah tinggi badan  yang jika anda ingin menambahkan tinggi badan  anda bisa melakukan berenang secara terutin. Dan berenang juga sangat bisa membantu kesehatan bagi tubuh sebab kita berenang bisa mengarekan seluruh tubuh kita ,di dalam berenang juga mempunya gerakkan yang berbeda_beda Yaitu:


1. Gaya Renang Dada

Gaya Renang dada adalah sebuah teknik renang yang mirip dengan katak saat berenang, sehingga gaya ini juga disebut dengan gaya katak.
Untuk kecepatan gaya dada lebih rendah dibandingkan dengan gaya bebas, namun gaya ini cocok untuk orang yang ingin berenang secara santai. Teknik gaya dada ini berada dikekuatan tangan dan kaki untuk mendorong badan ke depan, pada gaya ini juga diperlukan kemampuan tangan untuk mendorong kebawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

2. Gaya Renang Bebas
Renang Gaya Bebas adalah teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Meskipun disebut dengan gaya bebas, teknik renang gaya bebas ini juga mempunyai aturan. Pada saat melakukan gaya ini posisi badan berada di atas permukaan, tangan mengayuh kedepan sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting.

3. Gaya Renang Kupu Kupu
Renang Gaya Kupu Kupu adalah teknik renang yang didapat dari pengembangan gaya dada, pada teknik dasar renang gaya kupu kupu yang harus dimiliki adalah kekuatan lengan. Karena gaya kupu kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba lumba yang masuk kedalam air kemudian keluar saat tangan didorong kebawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan.
  Gaya renang kupu kupu ini juga disebut dengan gaya lumba lumba, untuk kecepatannya memang lebih cepat daripada gaya bebas. Namun untuk melakukannya harus dengan tenaga yang lebih ekstra besar. Untuk melihat lebih jelas bagaimana cara melakukan gaya renang kupu kupu, berikut ini ada gambar tutorialnya.

4.Renang Gaya Punggung

Berbeda dengan ketiga macam-macam gaya renang yang disebutkan sebelumnya, renang gaya punggung mewajibkan tubuh untuk menghadap ke langit atau terlentang sejajar permukaan air. Selain itu, posisi wajah juga berada di atas air sehingga memudahkan dalam pengambilan nafas.

Gerakan lengan dan kaki hampir serupa dengan gaya bebas. Kedua lengan digerakkan ke depan secara bergantian diikuti gerakan kedua kaki yang bergerak naik turun secara bergantian juga.Kekurangan dari gaya punggung adalah perenang tidak bisa memandang ke depan karena posisi wajah menghadap ke atas.

Dalam perlombaan, renang gaya punggung menggunakan start yang berbeda dari macam-macam gaya renang lainnya. Pasalnya, perenang harus menghadap dinding kolam dengan kedua tangan menggenggam besi pada dinding kolam. Selain itu, kedua lutut ditekuk dan diapit kedua lengan.

Saat mengambil start, kedua kaki dihentakkan melawan dinding kolam disertai dengan melentangkan tubuh sejajar dengan permukaan air.


Manfaat Renang

Olahraga renang selain menyehatkan juga memiliki manfaat. Menurut Budiningsih (2010:5) manfaat olahraga renang ada lima, yaitu:
Sebagai sarana bermain/rekreasi Kolam renang dapat dijadikan sebagai sarana bermain dan rekreasi. Anakanak dan balita akan menyukai permainan air.
Menyehatkan badan dan dapat merangsang gerakan motorik Berolahraga renang dapat menyehatkan badan. Bagi balita dan anak-anak, otot-ototnya akan berkembang, persendian dapat tumbuh optimal, tubuh menjadi lentur, dan pertumbuhan badan meningkat.
Dapat menghilangkan rasa takut pada air Dengan berolahraga renang dapat menghilangkan rasa takut pada air. Sehingga baiknya, semenjak bayi sudah dibiasakan bermain air dan kelak jika sudah besar tidak takut pada air.
Meningkatkan keberanian, percaya diri dan mengasah kemandirian. Olahraga renang dapat mendorong kita tumbuh menjadi sosok yang berani, percaya diri tinggi, dan mandiri.
Meningkatkan kemampuan sosial Olahraga renang yang dilakukan bersama-sama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. Juga dapat meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain.



Prinsip-prinsip Renang

Prinsip-prinsip renang menurut Tunggal (2005:4-5) disebutkan sebagai berikut:

Prinsip hambatan dan dorongan. Kecepatan maju di dalam renang adalah hasil dari dua kekuatan yaitu kekuatan yang cenderung untuk menahannya (tahanan dan hambatan) dan kekuatan yang mendorong maju yang di timbulkan oleh gerakan lengan dan kaki.
Prinsip keteraturan dalam penggunaan dorongan (kontinuitas gerakan). Penggunaan gerakan dorongan yang teratur adalah lebih baik dan efektif dari pada penggunaan yang tak teratur untuk mendorong tubuh maju.
Prinsip hukum aksi-reaksi yang dipakai dalam pemulihan (recovery) mekanika pemulihan lengan tiga dari empat gaya renang terjadi di luar air. Mempunyai pengaruh terhadap efisien dan kecepatan renang.
Prinsip pemindahan momentum, sangatlah mudah memindahkan momentum dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain. Prinsip ini digunakan dalam banyak gerakan-gerakan yang kita lakukan di dalam dan di luar air.





sumber: pengalaman pribadi dan berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Siwang Nounna Saritie

SIWANG NOUNNA SARITIE  Hallo guys welcome back my blog Btw mohon maaf nih ya kalau akhir akhir ini saya jarang banget updet blog kese...